Visi dan Misi

Spread the love
VISI :
Visi Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Salatiga merupakan penjabaran sebagian visi Pemerintah Kota Salatiga yaitu :
TERWUJUDNYA PENGELOLAAN PENDAPATAN YANG OPTIMAL, DAN KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH YANG MANDIRI, EFEKTIF, EFISIEN DAN AKUNTABEL SERTA PENGELOLAAN ASET DAERAH YANG BAIK UNTUK PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT.
Penjelasan Tentang Visi:
Pengelolaan pendapatan daerah yang optimal mengandung arti bahwa segala potensi yang ada mampu memobilisasi sumber-sumber pendapatan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi yang dimiliki secara optimal.
Kemampuan keuangan daerah yang mandiri, efektif, efisien dan akuntabel mengandung arti bahwa otonomi daerha membawa konsekuensi bagi daerah untuk lebih mandiri, efektif, efisien dan akuntabel dalam bidang keuangan, oleh karena itu menggali sumber-sumber pendapatan yang baru maupun dari hasil investasi daerah sangat penting dan seoptimal mungkin untuk menuju kearah kemandirian keuangan daaerah.
Pengelolaan aset daerah yang baik mengandung arti bahwa penggunaan aset daerah dilakukan secara efektif dan efisien sesuai kebutuhan suatu intalasi dan tata kelola administrasi aset yang tertib sesuai dengan regulasi yang ada.
Untuk penyelenggaraan pemerintah dan kesejahteraan rakyat mengandung arti bahwa pengelolaan pendapatan, keuangan dan aset daerah diarahkan untuk menunjang jalannya roda pemerintah dan kesejahteraan rakyat dalam bentuk bantuan-bantuan maupun pembangunan.
MISI :
Misi Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Salatiga adalah :</p>
PERTAMA
Mengoptimalkan Potensi Sumber-sumber Pendapatan Daerah
KEDUA
Meningkatkan Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah
KETIGA
Meningkatkan Kualitas Manajemen Pengelolaan Keuangan Daerah
KEEMPAT
Meningkatkan Analisa Kebutuhan Barang
KELIMA
Meningkatkan Tertib Administrasi Pengelolaan Barang Daerah
KEENAM
Memberikan Pelayanan Kebutuhan Barang
Penjelasan Makna Misi:
Makna dari Misi Pertama, mengandung maksud bahwa dari potensi sumber daya yang dimiliki oleh Kota Salatiga, haruslah digali seoptimal mungkin melalui Intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber pendapatan daerah sesuai regulasi yang ada dan yang dapat dipertanggungjawabkan (akuntabel)
Makna dari Misi Kedua, mengandung maksud bahwa dalam rangka otonomi daerah dan era transparani, maka BKD Kota Salatiga sebagai suatu Organisasi Publik yang bergerak di bidang pengelolaan Keuangan Daerah, dituntut untuk menggunakan sistem yang efektif, efisien dan akuntabel, untuk meningkatkan derajat otonomi fiscal menuju kearah kemandirian keuangan daerah.
Makna dari Misi Ketiga, mengandung maksud bahwa BKD Kota Salatiga sebagai Organisasi Publik yang melayani publik, dituntut untuk selalu bertindak dan bersikap profesional dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan dalam hal melayani publik.
Makna dari Misi Keempat, mengandung maksud bahwa dalam rangka penentuan kebutuhan-kebutuhan barang daerah perlu adanya perencanaan yang matang disesuaikan dengan kebutuhan OPD dan menentukan skala prioritas yang disesuaikan dengan anggaran yang ada, sehingga penyelenggaraan analisa kebutuhan barang ini sesuai visi yang diharapkan.
Makna dari Misi Kelima, mengandung maksuda bahwa pelaksanaan tertib administrasi merupakan faktor yang sangat penting di dalam pengelolaan asset daerah, karna kegiatan administrasi/ penatausahaan akan mempermudah kegiatan-kegiatan lain dalam pengelolaan asset daerah seperti perencanaan, penentuan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, inventarisasi, pemanfaatan dan lain-lain yang pada akhirnya akan menunjang terwujudnya visi dimaksud.
Makna dari Misi Keenam, mengandung maksud bahwa untuk pelaksanaan roda pemerintahan di Kota Salatiga pelu di dukung adanya sarana dan prasarana untuk kantor dan aparatur. Sesuai dengan situasi dan kondisi yang selalu berkembang maka tuntutan pelayanan kebutuhan barang akan selalu mengikuti dalam rangka peningkatan pelayanan untuk menunjang kelancaran jalannya roda pemerintahan dan kesejahteraan rakyat.